Top
Konsultasi Gratis!
×
PROMOSI ONLINE 1 hari ini saja! 35% Discount untuk Asuransi Mobil dan Motor!!! HANYA ONLINE ORDER - tidak tersedia dengan call center.

Pelanggan dari Morotai Island baru saja membeli Asuransi Kesehatan dari Asuransi Takaful Umum

×

29 Dec 2020

4 Tips Tetap Bugar di Usia Senja

4 Tips Tetap Bugar di Usia Senja - Asura

Kategori:

Meskipun tidak ada yang dapat mencegah penuaan, namun ada perubahan gaya hidup tertentu yang dapat dilakukan seseorang untuk tetap sehat hingga usia tua. Ulasan di bawah ini bisa memberikan gambaran secara lebih rinci untuk mempertahankan kebugaran hingga usia senja.

Melakukan aktivitas fisik secara teratur

Olahraga memiliki efek yang sangat besar pada sistem kekebalan tubuh, menurut gambaran umum penelitian terbaru di jurnal Nature Reviews Immunology. Tak pelak, orang menjadi kurang aktif secara fisik seiring bertambahnya usia, tetapi ada bukti yang menunjukkan bahwa berolahraga sebanyak mungkin dapat memperlambat atau bahkan membalikkan beberapa efek imunosenescence.

Otot rangka menghasilkan berbagai protein yang disebut miokin yang mengurangi peradangan dan menjaga fungsi kekebalan. Oleh karena itu, masuk akal jika mempertahankan massa otot melalui olahraga dapat melindungi dari infeksi dan kondisi seperti diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular, yang terkait erat dengan peradangan kronis.

Satu studi menemukan bahwa kebugaran aerobik di antara 102 pria sehat, berusia 18-61 tahun, berbanding terbalik dengan jumlah sel T tua dalam darah mereka setelah disesuaikan dengan usia. Dengan kata lain, peningkatan kebugaran fisik dikaitkan dengan penurunan kekebalan tubuh.

Laki-laki bugar sehat dan kuat tidak hanya memiliki lebih sedikit sel T tua tetapi lebih banyak sel T naif.

Studi lain membandingkan tanggapan kekebalan dari 61 pria sehat, berusia 65-85 tahun, dengan vaksinasi flu. Sekitar sepertiga laki-laki aktif secara intensif (meskipun berpartisipasi dalam lari atau olahraga), sepertiga cukup aktif, dan sepertiga sebagian besar tidak aktif. Setelah menyesuaikan dengan usia mereka, para peneliti menemukan bahwa laki-laki yang aktif secara intensif dan sedang menghasilkan lebih banyak antibodi sebagai respons terhadap vaksinasi daripada laki-laki yang paling tidak aktif.

Hebatnya, pria yang lebih aktif memiliki konsentrasi serum antibodi yang lebih tinggi terhadap beberapa jenis flu bahkan sebelum mereka menjalani vaksinasi. Serangkaian penelitian lain telah mengidentifikasi manfaat serupa, tidak hanya dari aktivitas fisik jangka panjang tetapi juga dari latihan tunggal sebelum vaksinasi. Seperti yang ulasan peneliti yang muncul di jurnal Nature Reviews Immunology menjelaskan:

"Secara keseluruhan, studi ini menunjukkan bahwa munculnya fitur imunosenescence tertentu dan tingkat perubahan sistem imun kemungkinan sangat dipengaruhi oleh aktivitas fisik yang tidak memadai seiring bertambahnya usia manusia."

Penting untuk dicatat bahwa sebagian besar penelitian tentang hubungan antara olahraga dan kekebalan pada orang dewasa yang lebih tua telah melibatkan penelitian "cross-sectional". Jenis penelitian ini menyelidiki hubungan antar variabel pada satu titik waktu.

Untuk mengkonfirmasi manfaat kebugaran fisik, penulis ulasan di atas menyerukan lebih banyak studi "intervensi", yang akan mengikuti peserta dari waktu ke waktu.

Mengadopsi diet Mediterania

Untuk saat ini, tidak ada bukti langsung yang menunjukkan bahwa membuat perubahan pola makan dapat memperlambat tingkat imunosenescence pada orang dewasa yang lebih tua. Namun, ada banyak bukti tidak langsung. Secara khusus, penelitian menunjukkan bahwa diet membantu menentukan risiko orang dewasa yang lebih tua terkena sarcopenia. Kondisi ini menyebabkan hilangnya massa otot, kekuatan, dan fungsi.

Tampaknya ada hubungan dua arah antara otot rangka dan sistem kekebalan. Otot menghasilkan miokin anti-inflamasi, tetapi bukti terbaru menunjukkan bahwa peradangan kronis juga mempercepat hilangnya otot pada sarcopenia.

Mengonsumsi suplemen makanan yang mengurangi risiko sarcopenia - seperti vitamin D dan asam lemak tak jenuh ganda - dapat membantu, karena sifat anti-peradangannya.

Saat ini belom ada ulasan

Blog Yang Serupa