Top
Konsultasi Gratis!
×
PROMOSI ONLINE 1 hari ini saja! 35% Discount untuk Asuransi Mobil dan Motor!!! HANYA ONLINE ORDER - tidak tersedia dengan call center.

Pelanggan dari Morotai Island baru saja membeli Asuransi Kesehatan dari Asuransi Takaful Umum

×

30 Apr 2021

9 Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Jantung

9 Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Jantung - Asura

Kategori:

Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di banyak negara termasuk negara maju seperti Amerika Serikat sekalipun. Dalam ulasan kali ini, kami menguraikan 9 makanan yang, bila dikonsumsi sebagai bagian dari diet menyeluruh, dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

Bagaimana Anda dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda dengan makanan?

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan bebas penyakit. Anda dapat menjadwalkan pemeriksaan tahunan, berolahraga setiap hari, berhenti merokok, atau mengambil langkah-langkah untuk mengurangi tingkat stres dalam hidup Anda.

Semua hal tersebut dapat berdampak positif bagi kesehatan jantung. Tapi, salah satu perubahan gaya hidup paling sederhana yang bermanfaat bagi jantung Anda adalah dengan memperhatikan apa yang Anda makan.

Hampir 6 juta orang saat ini hidup dengan gagal jantung, dan sekitar setengahnya akan meninggal dalam waktu 5 tahun setelah didiagnosis.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperingatkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi lemak, kolesterol, atau natrium bisa sangat buruk bagi jantung. Jadi, saat mengambil langkah untuk meminimalkan risiko penyakit jantung, diet adalah tempat yang baik untuk memulai.

Dalam artikel ini, kami memeriksa beberapa makanan terbaik untuk memastikan Anda tetap kuat dan sehat jantung.

Asparagus

Asparagus adalah sumber folat alami, yang membantu mencegah pembentukan asam amino yang disebut homosistein di dalam tubuh. Kadar homosistein yang tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kondisi terkait jantung, seperti penyakit arteri koroner dan stroke.

Kacang, kacang polong, buncis

Kacang, kacang polong, buncis, dan miju-miju - atau dikenal sebagai kacang-kacangan atau polong-polongan - semuanya dapat secara signifikan mengurangi kadar low-density lipoprotein (LDL) atau "kolesterol jahat". Mereka juga dikemas dengan serat, protein, dan polifenol antioksidan, yang semuanya memiliki efek menguntungkan pada jantung dan kesehatan umum.

Berries

Buah beri juga penuh dengan polifenol antioksidan, yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Buah beri adalah sumber serat, folat, zat besi, kalsium, vitamin A, dan vitamin C yang bagus, dan rendah lemak.

Brokoli

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi brokoli kukus secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penyakit jantung.

Biji chia dan biji rami

Biji-bijian ini adalah sumber asam lemak omega-3 nabati yang kaya, seperti asam alfa-linolenat. Omega-3 memiliki banyak efek menguntungkan, seperti membantu menurunkan kadar trigliserida, LDL, dan kolesterol total. Mereka juga mengurangi tekanan darah dan meminimalkan penumpukan plak lemak di arteri.

Omega-3 menurunkan risiko gangguan yang dapat menyebabkan serangan jantung, seperti trombosis dan aritmia.

Cokelat hitam

Cokelat hitam adalah contoh makanan langka yang rasanya luar biasa dan baik untuk Anda (dalam jumlah sedang). Cokelat hitam: enak dan menyehatkan jantung.

Para ilmuwan sekarang percaya bahwa cokelat hitam memiliki manfaat perlindungan terhadap aterosklerosis, yaitu ketika plak menumpuk di dalam arteri, meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Cokelat hitam tampaknya mencegah dua mekanisme yang terlibat dalam aterosklerosis: kekakuan arteri dan adhesi sel darah putih, yaitu saat sel darah putih menempel di dinding pembuluh darah. Terlebih lagi, penelitian telah menemukan bahwa meningkatkan kandungan flavanol cokelat hitam - yang merupakan senyawa yang membuatnya lebih enak dan lebih - tidak mengurangi manfaat perlindungan ini.

Kopi

Satu studi baru-baru ini menemukan bahwa minum kopi secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko gagal jantung dan stroke.

Namun, penting untuk diingat bahwa penelitian ini - yang menggunakan pembelajaran mesin untuk menilai data dari Framingham Heart Study - hanya dapat mengamati hubungan antara faktor-faktor, dan tidak dapat mengidentifikasi sebab dan akibat secara meyakinkan.

Ikan tinggi omega-3

Ikan adalah sumber asam lemak dan protein omega-3 yang membantu jantung, tetapi rendah lemak jenuhnya. Orang yang memiliki penyakit jantung, atau berisiko mengembangkannya, sering direkomendasikan untuk meningkatkan asupan omega-3 dengan makan ikan; Ini karena mereka menurunkan risiko detak jantung abnormal dan memperlambat pertumbuhan plak di arteri.

Menurut American Heart Association (AHA), kita harus makan 3,5 ons ikan berlemak - seperti salmon, mackerel, herring, trout danau, sarden, atau tuna albacore - setidaknya dua kali seminggu.

Teh hijau

Sebuah tinjauan sistematis 2011Trusted Source menemukan bahwa minum teh hijau dikaitkan dengan sedikit penurunan kolesterol, yang, seperti yang kita ketahui, merupakan penyumbang utama penyakit jantung dan stroke. Tetapi ulasan tersebut tidak dapat menunjukkan dengan tepat berapa banyak teh hijau yang harus diminum seseorang untuk menerima manfaat kesehatan apa pun.

Pada tahun 2014, ulasan lain mempelajari efek minum teh hijau pada orang dengan tekanan darah tinggi. Laporan tersebut menyimpulkan bahwa teh hijau dikaitkan dengan penurunan tekanan darah. Tetapi, penulis tidak dapat menentukan apakah pengurangan sederhana ini dapat membantu mencegahnya.

Saat ini belom ada ulasan

Blog Yang Serupa