Top
Chat Sekarang
Konsultasi Gratis!
×
PROMOSI ONLINE 1 hari ini saja! 35% Discount untuk Asuransi Mobil dan Motor!!! HANYA ONLINE ORDER - tidak tersedia dengan call center.

Pelanggan dari Morotai Island baru saja membeli Asuransi Kesehatan dari Asuransi Takaful Umum

×

04 Oct 2020

Bagaimana Pandemi Dapat Membuat Seseorang Rentan Depresi?

Bagaimana Pandemi Dapat Membuat Seseorang Rentan Depresi? - Asura

Kategori:

Hidup di bawah pengawasan dan pembatasan alias lock down atau PSBB dapat menyebabkan emosi negatif dan memaksa perubahan gaya hidup yang mungkin sulit ditangani. Menemukan cara untuk tetap terhubung dengan keluarga, teman, dan rekan kerja dapat membantu mengelola gejala depresi selama masa PSBB. Hidup di bawah kondisi PSBB dapat meningkatkan risiko depresi atau memperburuk gejala seseorang.

Menurut sebuah penelitian di Tiongkok, hampir 35% responden melaporkan masalah psikologis akibat pandemi. Orang-orang tertentu mungkin lebih terpengaruh daripada orang lain oleh pandemi COVID-19 dan tekanannya. Yang lebih rentan termasuk:

  • orang tua
  • orang dengan kondisi kesehatan kronis atau parah
  • anak-anak dan remaja
  • pekerja garis depan, termasuk pekerja perawatan kesehatan dan layanan esensial dan responden pertama
  • orang dengan kondisi kesehatan mental, termasuk masalah penggunaan zat

Pandemi global dapat menyebabkan ketakutan dan kecemasan yang luar biasa. Pikiran atau perasaan negatif yang diasosiasikan orang dengan penguncian meliputi:

  • ketidakpastian tentang masa depan
  • kekhawatiran atas sumber daya yang terbatas
  • takut terinfeksi SARS-CoV-2 atau mengekspos orang lain
  • khawatir tentang kesehatan pribadi dan orang yang dicintai
  • merasa putus asa tentang hal-hal yang kembali normal
  • merasa tidak berdaya atau frustrasi karena kehilangan kendali
  • takut akan tempat keramaian dan kesulitan menjaga jarak sosial
  • Isolasi sosial dan kesepian juga dapat menyebabkan penurunan mood dan kognisi.

Sebuah studi tahun 2020 menunjukkan bahwa keterputusan sosial pada orang dewasa berusia 57-85 tahun meningkatkan risiko merasa terisolasi. Perasaan ini dapat diterjemahkan menjadi lebih banyak gejala depresi dan kecemasan.

Langkah-langkah untuk mengelola depresi

Kiat untuk mengelola depresi di rumah selama penguncian mungkin termasuk yang berikut:

Ikuti rutinitas harian yang sehat

Mengikuti rutinitas penguncian atau rutinitas harian yang ada dapat membantu mempertahankan pemahaman akan waktu dan struktur. Rutinitas juga dapat mempermudah transisi kembali ke rutinitas biasa setelahnya.

Selama ini, seseorang mungkin ingin tetap aktif secara fisik, makan makanan yang sehat, dan menghentikan kebiasaan buruk, seperti merokok. Tidak mengikuti rutinitas juga cenderung membuat orang lebih cenderung mengadopsi gaya hidup lesu. Kelesuan dapat meningkatkan pola pikir negatif dan mengurangi perawatan diri, seperti kebersihan diri dan pola makan yang sehat.

Tetap update formasi tanpa terobsesi

Tetap terinformasi dengan sumber berita yang dapat dipercaya dapat membantu meningkatkan perasaan kontrol dan mengurangi kecemasan yang tidak perlu. Membanjiri diri sendiri dengan informasi virus corona, terutama dari sumber yang tidak dapat dipercaya, dapat menyebabkan kecemasan dan kesusahan yang bisa menjadi luar biasa.

Mungkin membantu untuk mencoba membatasi berita atau media sosial menjadi satu atau dua kali sehari, atau dua potongan 30 menit, dan hanya mendapatkan informasi dari sumber yang dapat dipercaya.

Saat ini belom ada ulasan

Blog Yang Serupa