Top
Konsultasi Gratis!
×
PROMOSI ONLINE 1 hari ini saja! 35% Discount untuk Asuransi Mobil dan Motor!!! HANYA ONLINE ORDER - tidak tersedia dengan call center.

Pelanggan dari Morotai Island baru saja membeli Asuransi Kesehatan dari Asuransi Takaful Umum

×

12 Jun 2019

Berapa Kadar Gula Darah Normal Pada Tubuh Setiap Orang?

Berapa Kadar Gula Darah Normal Pada Tubuh Setiap Orang? - Asura

Kategori:

Memahami rentang kadar gula normal pada manusia dapat menjadi bagian penting dari manajemen diabetes. Ulasan berikut ini menyatakan ukuran kadar gula darah normal untuk orang dewasa dan rentang gula darah untuk menentukan orang apakah terkena diabetes atau tidak. Jika seseorang dengan diabetes memiliki acuan tes dan pengujian, penting untuk mengetahui apa artinya kadar nilai rujukan gula darah tersebut.

Kadar nilai gula darah yang disarankan memiliki tingkat interpretasi untuk setiap individu dan Anda harus mendiskusikan hal ini dengan tim layanan kesehatan Anda. Selain itu, wanita dapat menetapkan target kadar gula darah selama kehamilan.

Kisaran kadar gula darah yang normal - apa yang seharusnya kita jaga?

Bagi sebagian besar orang sehat, kadar gula darah normal adalah sebagai berikut:

  • Antara 4,0 hingga 5,4 mmol / L (72 hingga 99 mg / dL) saat berpuasa [gula darah sewaktu]
  • Hingga 7,8 mmol / L (140 mg / dL) kadar gula darah 2 jam setelah makan

Untuk penderita diabetes, target kadar gula darah adalah sebagai berikut:

  • Sebelum makan: 4 hingga 7 mmol / L untuk penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2
  • Setelah makan: di bawah 9 mmol / L untuk orang dengan diabetes tipe 1 dan di bawah 8.5mmol / L untuk orang dengan diabetes tipe 2

Tanda kekurangan dan kelebihan gula darah

Kontrol gula darah dan rutin cek tensi gula darah normal adalah aktivitas penting dari setiap rencana perawatan diabetes. Gula darah tinggi, atau hiperglikemia, adalah masalah utama, dan dapat mempengaruhi orang dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2. Ada dua jenis kondisi kadar gula darah yang utama yaitu:

  • Hiperglikemia puasa. Ini adalah gula darah yang lebih tinggi dari 130 mg / dL (miligram per desiliter) setelah tidak makan atau minum selama setidaknya 8 jam.
  • Hiperglikemia postprandial atau setelah makan. Ini adalah gula darah yang lebih tinggi dari 180 mg / dL 2 jam setelah Anda makan. Orang tanpa diabetes jarang memiliki kadar gula darah lebih dari 140 mg / dL setelah makan, kecuali jika benar-benar kadar gula darahnya tinggi.

Gejala penderita kelebihan kadar gula darah:

Tanda-tanda awal meliputi:

  • Rasa haus meningkat
  • Sakit kepala
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Penglihatan kabur
  • Sering kencing
  • Kelelahan (lemah, perasaan lelah)
  • Penurunan berat badan
  • Gula darah lebih dari 180 mg / Dl

Penderita diabetes mendapatkan hipoglikemia (gula darah rendah) ketika tubuh mereka tidak memiliki cukup gula untuk digunakan sebagai bahan bakar. Itu bisa terjadi karena beberapa alasan, termasuk diet, beberapa obat dan kondisi, dan olahraga. Jika Anda mengalami hipoglikemia, tulis tanggal dan waktu kapan itu terjadi dan apa yang Anda lakukan. Bagikan catatan Anda dengan dokter Anda, sehingga dapat mencari pola dan menyesuaikan obat Anda. Hubungi dokter Anda jika Anda memiliki lebih dari satu reaksi gula darah rendah yang tidak dapat dijelaskan dalam seminggu.

Gejala penderita kekurangan kadar gula darah

Kebanyakan orang merasakan gejala hipoglikemia ketika gula darahnya 70 miligram per desiliter (mg / dL) atau lebih rendah. Setiap penderita diabetes mungkin memiliki gejala hipoglikemia yang berbeda. Anda akan belajar mengenali gejala awal yang meliputi:

  • Kebingungan
  • Pusing
  • Merasa goyah
  • Kelaparan
  • Sakit kepala
  • Sifat lekas marah
  • Jantung berdebar; denyut nadi balap
  • Kulit pucat
  • Berkeringat
  • Gemetaran
  • Kelemahan
  • Kegelisahan

Cara mempertahankan kadar gula darah normal: praktik terbaik

Masalah gula darah tidak terjadi dalam semalam. Dan, ketika gula darah Anda naik, risiko Anda terkena diabetes tidak hanya meningkat, tetapi juga risiko penyakit jantung koroner. Tetapi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kadar gula darah Anda dalam kisaran yang sehat.

5 hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga gula darah yang sehat dan normal

  • Berjalan kaki 30 menit setiap hari. Memperkuat otot Anda membuat mereka lebih reseptif terhadap insulin — dan membantu mereka menggunakan lebih banyak glukosa.
  • Makan beberapa makanan kecil sepanjang hari daripada tiga kali makan besar. Anda akan terhindar dari naik turunnya gula darah yang bisa datang saat diisi atau kelaparan.
  • Memperbaiki serat. Semakin banyak serat dalam makanan Anda — dari biji-bijian utuh, buah-buahan dan sayuran utuh, kacang-kacangan dan polong-polongan — karbohidrat yang lebih lambat dicerna dan glukosa yang mantap bergerak ke dalam aliran darah Anda. Anda dapat menghindari lonjakan gula darah dan Anda bahkan mungkin akan kehilangan beberapa kilogram: serat membuat Anda kenyang.
  • Taburkan sedikit kayu manis pada sereal sarapan berserat tinggi, roti gandum atau keju cottage susu skim. Kayu manis membantu membuat insulin lebih efektif sambil merangsang produksi enzim yang membakar glukosa.
  • Mulailah hari Anda dengan jeruk bali. Satu studi menemukan bahwa makan setengah grapefruit setiap kali makan selama 12 minggu tidak hanya membantu partisipan kehilangan rata-rata 3,6 pon, tetapi mengurangi kadar insulin dan glukosa setelah setiap kali makan, menunjukkan bahwa sel mereka lebih baik dalam menggunakan kedua zat tersebut.

Memahami beberapa hal terkait kadar gula dalam darah normal dan cara menjaga kondisi tubuh agar tetap normal merupakan tindakan yang bijaksana sebelum terlambat.

Saat ini belom ada ulasan

Blog Yang Serupa