Top
Konsultasi Gratis!
×
PROMOSI ONLINE 1 hari ini saja! 35% Discount untuk Asuransi Mobil dan Motor!!! HANYA ONLINE ORDER - tidak tersedia dengan call center.

Pelanggan dari Morotai Island baru saja membeli Asuransi Kesehatan dari Asuransi Takaful Umum

×

27 Apr 2021

Mana Yang Lebih Baik untuk Kesehatan Jantung, Berlari atau Berjalan?

Mana Yang Lebih Baik untuk Kesehatan Jantung, Berlari atau Berjalan? - Asura

Kategori:


Berjalan dan berlari cocok untuk menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan mental, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Arteriosclerosis, Thrombosis, and Vascular Biology menyimpulkan bahwa berjalan dan berlari mengurangi risiko hipertensi, kadar kolesterol tinggi, penyakit jantung koroner, dan diabetes.

Namun, penelitian tersebut tidak secara langsung membahas apakah berjalan atau berlari dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan kardio.

Laporan lain oleh American Heart Association menyatakan bahwa jalan cepat setidaknya 150 menit per minggu dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

Berjalan vs. berlari untuk mengurangi lemak perut

Penelitian telah menemukan bahwa menyimpan banyak lemak di bagian tengah tubuh dikaitkan dengan risiko penyakit, seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Baik memilih berjalan atau berlari, olahraga dapat membantu seseorang mengurangi lemak perutnya.

Satu studiTrusted Source menemukan bahwa latihan aerobik secara teratur, seperti berjalan kaki, mengurangi lemak perut dan membantu orang mengatasi obesitas.

Berjalan dan berlari membantu membakar kalori dalam tubuh, tetapi juga membantu mengurangi lemak perut, tergantung pada intensitas latihannya.

Namun, berlari dapat membantu mengurangi lemak perut dengan lebih efektif. Satu studiTrusted Source pada 27 wanita paruh baya dengan obesitas menemukan bahwa mereka yang berpartisipasi dalam latihan olahraga intensitas tinggi kehilangan lebih banyak lemak perut secara signifikan daripada mereka yang melakukan latihan intensitas rendah atau tidak melakukan latihan olahraga selama 16 minggu.

Para ilmuwan perlu melakukan lebih banyak penelitian yang membandingkan efek berjalan dan berlari pada pengurangan lemak perut.

Misalnya, tinjauan tahun 2018 menemukan bahwa olahraga dengan intensitas rendah lebih efektif dalam mengurangi lemak perut, sementara latihan intensitas tinggi memiliki efek yang lebih besar dalam menurunkan lemak tubuh secara keseluruhan.

Orang yang ingin menghilangkan lemak perut harus mempertimbangkan untuk berbicara dengan dokter mereka, yang dapat membantu mereka menentukan program olahraga dan diet terbaik untuk kebutuhan mereka.

Manfaat dan resiko

Meskipun berlari dan berjalan menawarkan berbagai manfaat kesehatan, termasuk menjaga berat badan yang sehat dan meningkatkan kesehatan jantung, namun juga memiliki risiko.

Ada risiko cedera yang lebih tinggi saat berlari daripada berjalan. Ini karena lari memiliki intensitas yang lebih tinggi dan memberi lebih banyak tekanan pada tubuh - khususnya persendian.

Satu studiTrusted Source menemukan bahwa pejalan kaki memiliki risiko cedera yang lebih rendah, sedangkan pelari berisiko tinggi.

Beberapa cedera paling umum yang terkait dengan berlari meliputi:

  • patah tulang
  • cedera jaringan lunak
  • shin splints

Bagi pelari, sangat penting untuk mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko cedera terkait lari. Jika seseorang memiliki kekhawatiran tentang cedera terkait olahraga, mereka dapat mempertimbangkan untuk berjalan, yang menawarkan manfaat kesehatan yang serupa dengan berlari, dengan risiko cedera yang lebih kecil.

Mereka yang menderita artritis, penyakit jantung, atau kondisi kesehatan kronis lainnya yang sedang mempertimbangkan untuk berlari harus berkonsultasi dengan dokter mereka terlebih dahulu.

Ringkasan

Bergantung pada tujuan seseorang, berjalan dan berlari adalah bentuk latihan yang sesuai. Keduanya dapat membantu orang mempertahankan berat badan sedang dan meningkatkan kesehatan jantung, kesehatan mental, dan banyak lagi.

Apa pun bentuk latihan yang dipilih seseorang, mereka akan melihat hasil yang positif dengan partisipasi rutin.

Bagi mereka yang memulai perjalanan kebugaran, jalan kaki mungkin menjadi pilihan yang lebih cocok karena melibatkan intensitas rendah atau sedang. Namun, bagi orang yang tujuannya membakar lebih banyak kalori, lari mungkin lebih tepat.

Saat ini belom ada ulasan

Blog Yang Serupa