Top
Konsultasi Gratis!
×
PROMOSI ONLINE 1 hari ini saja! 35% Discount untuk Asuransi Mobil dan Motor!!! HANYA ONLINE ORDER - tidak tersedia dengan call center.

Pelanggan dari Morotai Island baru saja membeli Asuransi Kesehatan dari Asuransi Takaful Umum

×

27 Dec 2020

Pentingnya Mengadopsi Diet Mediterani untuk Mencegah Penuaan Dini

Pentingnya Mengadopsi Diet Mediterani untuk Mencegah Penuaan Dini - Asura

Kategori:

Untuk saat ini, tidak ada bukti langsung yang menunjukkan bahwa membuat perubahan pola makan dapat memperlambat tingkat imunosenescence pada orang dewasa yang lebih tua. Namun, ada banyak bukti tidak langsung. Secara khusus, penelitian menunjukkan bahwa diet membantu menentukan risiko orang dewasa yang lebih tua terkena sarcopenia. Kondisi ini menyebabkan hilangnya massa otot, kekuatan, dan fungsi.

Tampaknya ada hubungan dua arah antara otot rangka dan sistem kekebalan. Otot menghasilkan miokin anti-inflamasi, tetapi bukti terbaru menunjukkan bahwa peradangan kronis juga mempercepat hilangnya otot pada sarcopenia.

Mengonsumsi suplemen makanan yang mengurangi risiko sarcopenia - seperti vitamin D dan asam lemak tak jenuh ganda - dapat membantu, karena sifat anti-peradangannya.

Semakin banyak bukti juga menunjukkan bahwa orang yang makan makanan Mediterania cenderung menjadi "lemah" di usia yang lebih tua, seperti kehilangan kekuatan otot, berjalan lambat, dan mudah lelah.

Diet Mediterania terdiri dari:

  • buah, sayuran berdaun, dan minyak zaitun dalam jumlah besar
  • ikan, unggas, dan produk susu dalam jumlah sedang
  • sedikit daging merah dan tambahan gula

Penelitian sebelumnya telah mengaitkan diet ini dengan risiko obesitas yang lebih rendah, penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, dan kanker.

Sebuah tinjauan studi observasi tahun 2018, yang dilaporkan oleh Medical News Today, menemukan bahwa orang yang paling mengikuti diet Mediterania kurang dari setengahnya cenderung menjadi lemah selama periode 4 tahun, dibandingkan dengan mereka yang paling sedikit mengikutinya. rapat.

Di antara penjelasan lain yang mungkin, ini mungkin disebabkan oleh sifat anti-inflamasi dari makanan tersebut. Penulis menulis:

“Individu yang lemah memiliki tingkat penanda inflamasi yang lebih tinggi, dan peradangan dianggap terkait erat dengan kerapuhan. Diet Mediterania dikaitkan dengan tingkat penanda inflamasi yang rendah dan dapat mengurangi risiko kelemahan melalui mekanisme ini. "

Mempertahankan berat badan sedang

Meskipun otot berperan dalam mengurangi peradangan pada orang dewasa yang lebih tua, lemak, atau "adiposa", jaringan mungkin memiliki efek sebaliknya.

Penuaan normal sering kali menyebabkan penambahan berat badan, akibat penumpukan jaringan adiposa di bawah kulit dan di sekitar organ. Menurut kumpulan penelitian tentang penuaan sistem kekebalan, jaringan adiposa dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peradangan.

Hingga 30% dari sitokin IL-6 pro-inflamasi dalam aliran darah dapat berasal dari jaringan adiposa. Oleh karena itu, mengalami obesitas atau kelebihan berat badan di usia yang lebih tua dapat secara signifikan berkontribusi pada peradangan kronis.

Selain itu, penelitian pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa sistem kekebalan orang dengan obesitas dapat menghasilkan lebih sedikit antibodi sebagai respons terhadap vaksinasi flu.

Berolahraga dan makan makanan sehat tampaknya melawan efek penuaan kekebalan. Sebagian, ini mungkin disebabkan oleh cara kedua faktor gaya hidup ini mencegah penambahan berat badan yang berlebihan.

Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang lebih tua yang berolahraga secara teratur dan memiliki berat badan sedang memiliki lebih sedikit sel T senescent dan tingkat sitokin pro-inflamasi yang lebih rendah dalam darah mereka.

Namun, apakah diet, olahraga, dan penurunan berat badan dapat membalikkan imunosenescence masih menjadi pertanyaan terbuka untuk penelitian di masa depan.

Saat ini belom ada ulasan

Blog Yang Serupa