Top
Chat Sekarang
Konsultasi Gratis!
×
PROMOSI ONLINE 1 hari ini saja! 35% Discount untuk Asuransi Mobil dan Motor!!! HANYA ONLINE ORDER - tidak tersedia dengan call center.

Pelanggan dari Morotai Island baru saja membeli Asuransi Kesehatan dari Asuransi Takaful Umum

×

14 Jun 2019

Pentingnya Mengetahui Tingkat Kolesterol Normal

Pentingnya Mengetahui Tingkat Kolesterol Normal - Asura

Kategori:

Mempertahankan kadar kolesterol yang sehat adalah cara yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung Anda karena hal ini dapat menurunkan resiko Anda terkena penyakit jantung atau terserang stroke. Tapi pertama-tama, Anda harus tahu angka kolesterol Anda. Berikut ini ulasannya:

American Heart Association merekomendasikan kadar kolesterol normal berikut ini:

Semua orang dewasa yang berusia 20 tahun atau lebih harus menjalani pemeriksaan kolesterol (dan faktor risiko lainnya) setiap empat hingga enam tahun. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk menentukan dan antisipasi risiko penyakit jantung dan stroke Anda.

Bagaimana hasil tes standar kolesterol Anda?

Hasil tes Anda akan menunjukkan kadar kolesterol Anda dalam miligram per desiliter darah (mg / dL). Kolesterol total dan kolesterol HDL (baik) Anda adalah di antara banyak faktor yang dapat digunakan dokter Anda untuk memprediksi risiko seumur hidup atau 10 tahun Anda untuk serangan jantung atau stroke. Dokter Anda juga akan mempertimbangkan faktor risiko lain, seperti usia, riwayat keluarga, merokok, dan tekanan darah tinggi.

Tes kolesterol lengkap, juga disebut profil lipoprotein atau lipid, akan memberi Anda hasil untuk kolesterol HDL (baik) Anda, kolesterol LDL (jahat), trigliserida, dan kolesterol total darah (atau serum) Anda.

Menguji kolesterol tinggi

Tes darah sederhana untuk menilai kadar kolesterol dapat diambil oleh dokter keluarga atau di klinik medis. Faktor risiko lain untuk penyakit jantung juga harus dinilai pada waktu yang bersamaan. Sampel darah diambil dari vena dan dikirim ke laboratorium untuk pengujian. Tes kolesterol dapat dilakukan dengan menggunakan tusukan jari darah, namun ini tidak seakurat pengujian darah dari vena.

Tes kolesterol darah bisa berupa "puasa" atau "tidak puasa". Tes puasa mengharuskan orang tersebut untuk tidak makan selama periode waktu sebelum tes diambil dan memberikan hasil yang lebih akurat daripada tes non-puasa.

Pedoman kesehatan untuk kadar kolesterol darah yang dapat diterima adalah sebagai berikut:

  • Total kolesterol - kurang dari 4,0 mmol / L
  • Kolesterol LDL - kurang dari 2,0 mmol / L
  • Kolesterol HDL - lebih besar dari 1,0 mmol / L
  • Rasio TC / HDL - kurang dari 4,0
  • Trigliserida - kurang dari 1,7 mmol / L

Total kolesterol (TC) menunjukkan jumlah total semua jenis kolesterol yang berbeda dalam aliran darah. Rasio TC / HDL digunakan untuk menghitung risiko serangan jantung atau stroke.

Makanan yang diperlukan untuk mendapatkan kolesterol normal

Kolesterol adalah zat lilin yang diproduksi oleh hati Anda dan diperoleh dengan mengonsumsi produk hewani seperti daging, susu, dan telur. Hati Anda akan menghasilkan lebih sedikit kolesterol jika Anda mengonsumsi banyak zat ini dari makanan, sehingga kolesterol makanan jarang memiliki dampak besar pada kadar kolesterol total. Namun, makan banyak lemak jenuh, lemak trans, dan gula dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Makan Makanan Kaya Serat Larut

Serat larut ditemukan dalam jumlah besar dalam kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian, rami, apel dan jeruk (5Trusted Source). Manusia kekurangan enzim yang tepat untuk memecah serat larut, sehingga bergerak melalui saluran pencernaan Anda, menyerap air dan membentuk pasta kental.

Saat bergerak, serat larut menyerap empedu, suatu zat yang diproduksi oleh hati Anda untuk membantu mencerna lemak. Akhirnya, serat dan empedu yang melekat dikeluarkan di kotoran Anda. Empedu terbuat dari kolesterol, jadi ketika hati Anda perlu membuat lebih banyak empedu, empedu mengeluarkan kolesterol dari aliran darah Anda, yang secara alami menurunkan kadar kolesterol. Konsumsi serat larut reguler dikaitkan dengan pengurangan 5-10% kolesterol total dan kolesterol jahat LDL hanya dalam waktu empat minggu (5Trusted Source). Dianjurkan untuk makan setidaknya 5-10 gram serat larut setiap hari untuk efek penurun kolesterol maksimum, tetapi manfaatnya telah terlihat pada asupan yang lebih rendah yaitu 3 gram per hari (6Trusted Source, 7Trusted Source).

Nikmati Banyak Makan Buah dan Sayuran

Makan buah dan sayuran adalah cara mudah untuk menurunkan kadar kolesterol LDL. Studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi setidaknya empat porsi buah dan sayuran setiap hari memiliki kadar kolesterol LDL sekitar 6% lebih rendah daripada orang yang makan kurang dari dua porsi per hari (8Trusted Source).

Buah-buahan dan sayuran juga mengandung antioksidan dalam jumlah besar, yang mencegah kolesterol LDL dari oksidasi dan pembentukan plak di arteri Anda (9Trusted Source, 10Trusted Source). Bersama-sama, efek penurun kolesterol dan antioksidan ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Penelitian telah menemukan bahwa orang yang makan paling banyak buah dan sayuran memiliki risiko 17% lebih rendah terkena penyakit jantung selama 10 tahun dibandingkan dengan mereka yang makan paling sedikit.

Saat ini belom ada ulasan

Blog Yang Serupa